Pengembangan Pertanian dan Peternakan


Pembangunan daerah terpadu  sebagai petani tadah hujan di Gunturharjo (Integrated regional development Gunturharjo as rainfed farmers)


Program ini harus menjalin kerjasama dengan lembaga penelitian dan perguruan tinggi untuk memfasilitasi masyarakat sebagai pelaku utama dalam upaya peningkatan produksi pertanian spesifik lokasi,  serta pelestarian sumberdaya alam dan konservasi tanah dan air.  Dengan mengedepankan petani sebagai pelaku penelitian dan percobaan usaha tani dan konservasi melalui Penelitian oleh Petani (PoP),  demplot,  pelatihan-pelatihan,  anjangsana,  anjangkarya dan sekolah lapang yang efektif.

Komponen pengembangan pertanian dan peternakan mencakup:

  • Penelitian Oleh Petani
    Suatu metode partisipatif untuk memfasilitasi petani dalam melaksanakan penelitian yang dirancang secara sederhana dalam membandingkan teknik-teknik baru dengan teknik-teknik yang sudah biasa dilakukan petani.
  • Demplot
    Petak demonstrasi yang dilakukan petani sebagai wadah penyuluhan menerapkan teknologi baru untuk meningkatkan produksi dan pendapatan petani.
  • Kebun Bibit Desa
    Diselenggarakan untuk menyiapkan bibit-bibit yang berkualitas yang dibutuhkan petani
  • Kebun Perkarangan
    Usaha masyarakat tani untuk memanfaatkan lahan pekarangan dan air yang tersedia untuk memenuhi keperluan sehari-hari (sayuran, cabe, tomat dll)
1.  Karena Daerah Gunturharjo sistem Pertaniannya  Petani Tadah Hujan
2. Guturharjo  mempunyai kondisi tanahnya  cukup bagus apabila pemanfaatannya harus maxsimal
3. Gunturharjo 99.99%  Masyarakatnya mempunyai ternak
4. Gunturarjo Berpotensi dikembangka.
5. Gunturarjo sampai saat ini para penatini  bercocok taman dengan sistem tradisional
sbd.

4 Responses

  1. mas sangat setuju bila disanatu ada penyuluhan atau pelatihan dan diadakan penelitian tentang pertania dan peternakan, karena masyarakat disana 99.98% pertani dan beternak. untuk itu untuk meningkatkan mutu dan hasilnya harus dikasih pembelajaran melalui penyuluh yang berwenang di daerah sana. pemerintah daerah setempat. tapi keliatannya disana tu kurang penyuluhan, tapi kayaknya tidak ada . saya dukung mas dengan pemberian tip-atau masukan untuk daerah sana.

    • makasih fin, ya hanya begini yg aku sumbangkan tuk daerahku fin ya kalau mau memberi sesuatu yang lebih tidak bisa, ya syukur-syukur ini mua ada manfaatnya buat orang-orang sana kalau saya ma tidak bakal kembali menetap disana, mudah-mudahan bermanfaat saja, ya mungkin ada yang mempunyai tanggapan baik, saya hanya senang. toh saya buat ini semua bukan aku mempunyai misi sekecil apaun untuk pribadi tidak. ini semua demi meningkatnya daerah sana, sebab daerah sana tu sebenarnya tanahnya untuk ditanamin apapun cocok, ya sayangnya kendalanya air saja. dan untuk sistem pertanianya tadah hujam makanya daerah sana tu para petaninya diberi pembekalan bercocok taman yang maksimal. dan diberi latian , penelitian tentang bibit apa yang cocok dan menghasilkan yang memadahi. ya itu lah makanya saya ada salah satunya, menulis berkebon coklat, kopi daret dan lada. ya mungkin klo karet ma kopima tidak mengizinkan lahannya. yang jelas lada, coklat dan kopi. sebab suhu udaranya bagus dan cocok tuk tiga tanaman itu, dan masih banyak gunung2x yang tidak dimanfaatkan.

  2. boleh saya tau klo wisata situ bila saya membawa rombongan untuk kunjung daerah wisata ada penginapannya tidaka? sebab saya sangat tertarik dengan pantainya indah. jawaban ditunggu. makasih

    • makasih dah mampir ke blog gunturharjo hasan. mohon maaf ya hasan kalau untuk saat ini lokasi wisata itu , disekeliling atau sekitarnya belum ada untuk fasilitas penginepannya. namun bila hasan ingin berkunjung kesana saya atas nama Gunturharjo dan pribadi saya sendiri sangat senang. dan pastinya akan membantu kalau mengenai penginepannya asal hanya sekedarnya untuk bermalam dan mungin bukan hotel ini saya siap melayani rombongan anda di tempat orang tua saya bisa untuk nginepnya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: